TIPS MENGHINDARI VIRUS KOMPUTER

Kamis, 27 Mei 2010





Virus merupakan bagian tak terhindarkan dari pengalaman internet. Tergantung pada virus, efeknya bisa berkisar dari lucu untuk menghancurkan. Ketika datang untuk berurusan dengan bahaya yang ditimbulkan oleh virus, pencegahan jauh lebih mudah daripada menyembuhkan. Tips berikut akan mencegah sebagian besar virus dari yang pernah mempengaruhi komputer Anda atau sistem komputer.

  1. Waspadalah terhadap lampiran email yang tidak diminta atau tidak terduga
Karena email adalah salah satu cara utama untuk bertukar informasi di antara pengguna Internet, juga merupakan metode penting untuk menyebarkan virus.. Plain teks dasar Sebuah email tidak bisa paling mengirimkan virus ini adalah lampiran email yang mengandung bahaya potensial. Jika lampiran tersebut tidak terduga atau yang tidak diminta dan dari pengirim yang tidak dikenal, keputusan paling bijaksana akan menghapus email tanpa membuka lampiran. Jika email dari yang dikenal dan dipercaya sumber, tapi Anda tidak berharap file lampiran dari sumber itu, Anda mungkin ingin menghubungi pengirim untuk mengkonfirmasi bahwa lampiran tersebut adalah sah.

  1. Gunakan program anti-virus secara teratur memindai hard drive anda
Bahkan ketika Anda berhati-hati yang wajar, Anda masih dapat terinfeksi oleh virus.. Anti-virus Suatu program dapat diatur untuk secara teratur memeriksa komputer Anda atau masuk lampiran email bahkan untuk virus jenis program ini bahkan mungkin dapat terus menjalankan di latar belakang saat Anda melakukan pekerjaan Anda. Karena virus sedang terus-menerus diciptakan atau berubah, penting untuk menggunakan sebuah program yang menyediakan update secara teratur. 

 

  1. Gunakan program anti-virus untuk memindai semua lampiran email yang masuk dan semua file atau program yang datang dari seseorang komputer lain
Setiap kali seseorang menempatkan sebuah file atau program di komputer mereka, selalu ada risiko bahwa virus dapat menularkan bahwa beberapa file atau program dan tetap tidak terdeteksi. Dengan scan semua file masuk dan program, Anda mungkin menemukan sebuah virus yang orang lain mungkin telah diabaikan .

  1. Update anti-virus program secara teratur
Virus baru atau sedang diperbaiki secara teratur mengeluarkan di Internet. Memperbarui perangkat lunak anti-virus Anda sehingga berisi definisi virus terbaru akan mengurangi kemungkinan Anda terpengaruh oleh jenis virus baru.

  1. Back up file data Anda secara teratur
Dalam skenario kasus terburuk, virus dapat merusak atau menghancurkan data pada satu atau lebih file backup. Teratur akan memungkinkan Anda untuk memulihkan lebih mudah dalam hal bahwa virus merusak file Anda.

  1. Pembelian atau mendapatkan file atau perangkat lunak hanya dari sumber terpercaya
Ketika pengecer menawarkan software baru dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan produsen harga atau harga yang dibebankan oleh pengecer besar, bahwa perangkat lunak mungkin bukan merupakan salinan resmi. Jenis perangkat lunak ini menimbulkan banyak risiko, termasuk risiko yang lebih tinggi memiliki satu atau lebih virus. Tip ini adalah relevan dengan perangkat lunak atau file yang di-download melalui Internet, yang datang sebagai attachment email, atau yang dibeli di toko.

  1. Hindari lampiran email forwarding kecuali Anda pertama lampiran untuk memindai virus
Jika Anda memiliki program anti-virus yang memindai semua lampiran email yang masuk, atau jika Anda memindai lampiran setelah tiba, maka mungkin aman untuk meneruskan lampiran. Jika tidak, jangan maju lampiran.

  1. Mencari ekstensi file yang tak terduga pada lampiran apapun
Jika baris subjek atau badan dari negara bagian lampiran email yang merupakan jenis file tertentu atau jika file icon menyiratkan suatu jenis file dan ekstensi file tidak cocok, menghapus file. Jika Anda percaya pengirim, hubungi orang untuk menentukan apa yang seharusnya telah diterima.

  1. file Data tidak akan membawa virus
Sebuah file yang berisi data hanya tidak akan membawa virus sejak virus harus memiliki semacam kode executable.. Sebagai contoh, file yang diakhiri dengan ekstensi. Txt,. Csv, gif,. Jpg,. Mp3,. Wav yang umum file data yang tidak akan memiliki kode dieksekusi. File yang berakhir dengan,. doc. xls,. exe, dan bahkan. htm mungkin memiliki kode yang dapat dieksekusi dan dapat berpotensi membawa virus.

  1. Write-protect disket yang akan digunakan dalam mode hanya baca
Jika Anda berbagi data yang berada di disk atau media penyimpanan portabel, gunakan tab proteksi tulis untuk mencegah masuknya virus sengaja.

0 komentar:

slideshow

video suka-suka.....